Press "Enter" to skip to content

Bantu Turunkan Berat Badan, Begini Cara Kerja Alpukat Dalam Program Diet

Brambo Leksmana 0

Ingin menurunkan berat badan dengan aman namun juga memberikan hasil yang maksimal, maka program diet sehat dengan menggunakan bahan-bahan alami akan sangat direkomendasikan. Jangan asal menggunakan obat diet yang malah akan membahayakan tubuh. Ada banyak diet alami yang bisa dilakukan, salah satu dengan memasukkan buah alpukat sebagai menu makanan diet sehari hari dan memaksimalkan manfaatnya. 

Pasti sudah banyak dari anda yang tahu, jika buah alpukat ini mengandung nutrisi yang cukup tinggi. Alpukat Unggul mengandung lemak, gula, karbohidrat, serat dan nutrisi yang sangat dibutuhkan dalam memproduksi energi. Kandungan lemak di dalam buah alpukat merupakan jenis lemak tak jenuh, sedangkan kandungan gulanya juga tidak berlebihan. Jika melihat dari kandungannya saja, alpukat akan sangat membantu untuk menurunkan berat badan terutama dalam mengontrol kalori dan kolesterol yang ada di dalam tubuh. Namun masih banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana cara kerja alpukat dalam menurunkan berat badan, dan pada kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai manfaat alpukat saat dimasukkan ke dalam program diet. 

Cara Kerja Alpukat Dalam Menurunkan Berat Badan

Bantu Turunkan Berat Badan, Begini Cara Kerja Alpukat Dalam Program Diet

Membuat Rasa Kenyang Bertahan Lama

Salah satu alasan mengapa berat badan anda bisa bertambah adalah ketika anda mengkonsumsi makanan yang tidak dibutuhkan. Tubuh tidak perlu kenyang sepanjang waktu, hanya saja terkadang pikiran anda lah yang merasa bingung antara lapar dan merasa bosan. Buah alpukat mengandung lemak atau serat yang tinggi yang dapat membantu rasa kenyang lebih bertahan lama. Hal ini dikarenakan kandungan serta dan lemak di dalam alpukat dapat memperlambat pelepasan makanan dari dalam perut sehingga anda bisa merasakan kenyang lebih tahan lama. Tentu saja ini akan menghentikan kebiasaan makan yang berlebihan. Apalagi total kalori dalam 1 buah alpukat cukup banyak yaitu 322 kalori

Bahkan terdapat sebuah penelitian yang mendukung pernyataan diatas, dimana hasil menunjukkan jika orang mengkonsumsi ½ buah alpukat pada jam makan siang mengalami penurunan nafsu makan hingga 5 jam. Kandungan lemak baik di dalam buah ini membantu anda mengalami perasaan puas, sehingga membantu mengontrol nafsu makan lebih baik. 

Kandungan Rendah Gula Yang Sehat

Alpukat mengandung setidaknya 2 gram gula, kadar gula ini lebih renda dibandingkan dengan kebanyakan buah lainnya. Mengkonsumsi buah alpukat bisa membantu menjaga kadar gula tetap sehat dan tidak berlebihan, yang mana bisa berkontribusi dalam menaikkan berat badan. Terjadinya penurunan berat badan bisa disebabkan saat gula darah di dalam tubuh seimbang. Selain itu kandungan karbohidratnya yang rendah juga berkontribusi dalam meningkatkan berat badan secara sehat bagi anda yang bertujuan ingin menaikkan berat badan. 

Mengurangi Lemak Perut

Sebuah studi menunjukkan jika kandungan di dalam alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal serta oleat. Kandungan ini sangat membantu mengurangi lemak yang ada di perut dan  mengurangi resiko sindrom metabolik yang sering dihubungkan dengan berat badan yang naik dengan tidak sehat. Menurut sebuah penelitian, konsumsi buah alpukat selama 4 minggu akan sangat membantu untuk menurunkan lemak perut hingga 1.6%. dan inilah cara kerja alpukat dalam mengatasi lemak berlebihan di dalam tubuh, bahkan lebih baik dibandingkan buah lainnya. hasil penelitian juga melaporkan jika indeks massa tubuh akan lebih rendah serta lingkar pinggang jadi lebih kecil. 

Bagaimana Cara Mengkonsumsi Alpukat Yang Baik Untuk Diet

Memaksimalkan manfaat buah alpukat dalam menurunkan berat badan sebenarnya bisa dilakukan dengan banyak cara. Anda bisa mengkonsumsi buah alpukat secara langsung ataupun diolah menjadi jus atau smoothies. namun rasa alpukat yang cenderung hambar terkadang membuat orang menambahkan gula ataupun susu kental manis agar menambah rasa. Namun jika anda sedang dalam diet, sebaiknya jangan memasukkan pemanis tambahan. Hal ini karena kandungan gula tersebut dapat merusak program diet yang anda jalankan. Selain itu, alpukat juga masih bisa diolah ke berbagai menu makanan lainnya yang enak namun tetap sehat dikonsumsi. 

Manfaat Baik Lainnya Dari Buah Alpukat

Selain itu, buah alpukat juga memiliki manfaat banyak lainnya bagi kesehatan. tak hanya digunakan untuk menurunkan berat badan secara alami saja. Bibit buah alpukat juga dipercaya mampu mencegah peradangan di dalam tubuh yang diakibatkan karena konsumsi kolesterol yang terlalu banyak. hal ini tertulis dalam jurnal “American Heart Association” yang dipublikasikan pada tahun 2012.  Dimana dalam jurnal membahas tentang manfaat konsumsi buah alpukat yang dapat mengurangi dampak buruk kolesterol jahat hingga 40%. 

Dan pada tahun 2007, terdapat sebuah jurnal berjudul “Seminars in Cancer Biology”, mengenai sebuah studi yang membahas tentang kandungan di dalam buah alpukat yang bisa menghambat pertumbuhan sel kanker. Namun tentunya semua manfaat dari buah alpukat ini bisa didapatkan juga diimbangi dengan konsumsi makanan bernutrisi lainnya serta berolahraga secara teratur. Selain itu konsumsi alpukat dalam jumlah yang cukup, dan tidak perlu berlebihan sehingga manfaatnya bisa dirasakan. 

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *