Press "Enter" to skip to content

Contoh Esai Sastra Novel dan Perbedaannya dengan Resensi

Brambo Leksmana 0

Kebanyakan, contoh esai sastra novel memang berfokus untuk mengangkat fenomena atau bahkan mengkritik sebuah karya orang lain, yaitu novel dalam bentuk esai. Bisa dikatakan, jenis ini mirip dengan resensi buku.

Perbedaan Esai Novel dan Resensi

Dari makna sebenarnya keduanya berbeda, yakni apabila resensi akan mengulas dan mempertimbangkannya dari sebuah karya sastra. Sedangkan esai, akan mengupas tuntas dari sudut pandang penulis sebuah karya yang berkaitan dengan keilmuan serta bersifat subjektif.

Kemudian apabila diamati dari kebahasaan, bahwa resensi ini lebih sistematik cara penulisan yang lebih teratur. Sedangkan pada esai, akan ditulis secara bebas tergantung penulis, bahkan opini pun menurut pendapat pribadi dari penulis itu sendiri.Contoh Esai Sastra Novel dan Perbedaannya dengan Resensi
 

Contoh Esai Sastra Novel

Anda akan lebih memahami apabila membaca contoh esai secara langsung, daripada hanya membaca pengertian dan jenisnya saja. Maka berikut ini adalah contoh esai sastra novel:

Esai Novel “Rindu”

(Tere Liye)

Rindu merupakan salah satu novel karya Tere Liye yang ke 20 dan telah dirilis pertama kali pada Oktober 2014 lalu. Sebuah karya yang mengisahkan tentang masa lalu memilukan sebuah kehidupan berbulan-bulan di atas kapal.

Berlatar belakang pemerintahan Hindia-Belanda karena kehidupan yang diceritakan pada tahun 1938. Novel ini sarat akan perasaan yang dapat mengaduk-aduk emosi pembacanya. Setiap tokohnya diberikan karakter uniknya  masing-masing seperti gayanya Tere Liye.

Bahkan, mungkin pembaca akan dibuat mencintai setiap tokoh yang ada dengan keluguan dan karakter khasnya masing-masing yang saling mendukung untuk menghidupkan suasana. Sebenarnya novel ini juga sarat akan kisah cinta.

Akan tetapi kisah cinta yang dibawakan sangat berbeda, bukan hanya dari pasangan muda-mudi saja. Penulis telah berhasil membawakan Novel Rindu dengan sangat apik dan menggugah emosi dipadupadankan dengan latar belakang tidak biasa ini, jadi pembaca sudah pasti akan menikmatinya.

Demikian contoh esai sastra novel yang dapat digunakan acuan apabila Anda tertarik untuk mengulas sebuah karya sastra. Namun, juga ingin gaya pengungkapan serta penyampaian opini lebih bebas daripada resensi buku.

 

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *